Wewenang, Kewajiban Dan Hak Presiden - MEMBERSTVNEWS

MEMBERSTVNEWS

Mengedepankan Realita

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 19 Maret 2020

Wewenang, Kewajiban Dan Hak Presiden

MEMBERS,--Dilansir dari situs Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indoensia, terdapat beberapa wewenang, kewajiban, dan hak presiden, di antaranya: Memegang kekuasaan pemerintahan menurut UUD 1945 Memegang kekuasaan yang tertinggi atas Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Mengajukan Rancangan Undang-undang kepada DPR.

Presiden melakukan pembahasan dan pemberian persetujuan atas RUU bersama DPR serta mengesahkan RUU menjadi UU. Menetapkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang. Menetapkan peraturan pemerintah Mengangkat dan memberhentikan menteri-menteri Menyatakan perang, membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain dengan persetujuan DPR Membuat perjanjian internasional lainnya dengan persetujuan DPR. Memberi grasi dan rehabilitasi dengan memperhatikan pertimbangan Mahkamah Agung. Memberi remisi, amnesti, dan abolisi dengan memerhatikan pertimbangan DPR. Memberi gelar, tanda jasa, dan tanda kehormatan lainnya yang diatur dengan Undang-undang. 

Meresmikan anggota Badan Pemeriksa Keuangan yang dipilih oleh DPR dengan memerhatikan pertimbangan DPD. Menetapkan hakim konstitusi dari calon yang diusulkan Presiden, DPR, dan Mahkamah Agung. Mengangkat dan memberhentikan anggota Komisi Yudisial dengan persetujuan DPR.

Post Bottom Ad

Halaman