TELITI SEBELUM MEMBELI, KENALI PERBEDAAN DAGING SAPI DENGAN DAGING BABI DAN CELENG - MEMBERSTVNEWS

MEMBERSTVNEWS

Mengedepankan Realita

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 12 Mei 2020

TELITI SEBELUM MEMBELI, KENALI PERBEDAAN DAGING SAPI DENGAN DAGING BABI DAN CELENG


Pic:
YUK KETAHUI PERBEDAAN DAGING SAPI, BABI, DAN CELENG

BANDUNG, MEMBERSTVNEWS.COM - Setelah beredar pengemasan daging babi menyerupai daging sapi yang beredar di Kabupaten Bandung maka para pembeli harus waspada dengan pengetahuan cara mengenal perbedaannya. 
Yang belum lama ini ada peredaran daging celeng di pasaran di wilayah tetangga Kota Bandung sempat membuat warga resah. Namun Pemerintah Kota Bandung telah memastikan hal itu tidak terjadi di Kota Bandung.

Kendati demikian, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bandung, Gin gin Ginanjar tetap mengimbau agar warga lebih waspada dan teliti. 

Warga diimbau untuk mengetahui perbedaan daging sapi, babi, dan celeng.

Berikut tips perbedaan daging sapi, babi dan celeng, yakni:

1. Daging Sapi

Dari segi warna, daging sapi memiliki warna merah tua, dengan serat daging kasar dan rapat. Kemudian, tekstur daging sapi relatif lebih kenyal dibanding daging celeng dan babi. 

Jadi kalau ditekan oleh jari, nanti daging sapi itu akan kembali lagi. Lalu, lemak daging sapi tebal dan keras dengan bau khas sapi.




2. Daging Babi

Daging babi diketahui memiliki warna fisik berwarna merah pucat dengan serat daging halus dan renggang. Kemudian teksturnya lebih lunak dibanding dengan daging sapi serta lemak daging tebal dan lunak, berbau amis.




3. Daging Celeng

Daging celeng umumnya berwana merah muda, akan sangat kontras bila dibandingkan dengan daging sapi. Serat daging celeng relatif lebih kasar bertekstur lunak dengan lemak daging yang lebih tipis dan dari segi aroma daging celeng lebih amis dan anyir (Hangru).

Membedakan daging sapi dan celeng :

  1. Warna
  • Dari segi warna bisa dibedakan. Daging celeng agak pucat, sedangkan daging sapi lebih merah. Warna daging celeng mendekati warna daging ayam.
  • Namun perbedaan ini tak dapat menjadi pegangan. Sebab, warna warna daging celeng oplosan biasanya dikamuflase dengan pelumuran darah sapi. Kamuflase dapat dihilangkan dengan perendaman air.
  1. Serat daging
  • Daging celeng dan sapi bisa dibedakan dari serat daging. Serat daging sapi tegas dan padat. Daging babi halus dan mudah dipisahkan antar serat.
  1. Tekstur
  • Dari tekstur penampakan daging sapi lebih padat, kaku dan mempunyai bentuk. Lemak daging sapi agak kering dan dan tampak berserat.
  • Sedangkan daging celeng teksturnya lembek dan mudah diregangkan. Lemak daging babi juga sangat basah, sulit dilepas dari dagingnya dan lebih elastis.
  1. Aroma
  • Aroma daging sapid an daging celeng juga bisa dibedakan. Daging celeng memiliki aroma anyir. Sementara daging celeng memiliki aroma yang khas.
  • Segi bau inilah yang sebenarnya senjata paling ampuh membedakan kedua daging. Jadi meski warna telah dikamuflase dan dicampur, tapi aroma kedua daging ini tetap dapat dibedakan.

Untuk mendeteksi adanya daging babi pada produk makanan dan membedakan daging sapi dengan daging celeng agar lebih meyakinkan dapat dideteksi melalui pemeriksaan laboratorium.


(Red. Guh/Iwnaruna) 

Post Bottom Ad

Halaman