Progres PBB (Pohon Berbunga dan Berbuah) Coba Diterapkan Yana Mulyana di Blok Garung Kanhay - MEMBERSTVNEWS

MEMBERSTVNEWS

Mengedepankan Realita

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Kamis, 27 Agustus 2020

Progres PBB (Pohon Berbunga dan Berbuah) Coba Diterapkan Yana Mulyana di Blok Garung Kanhay

BANDUNG, MEMBERSTVNEWS.COM  -  Lebih dari 865 pohon ditanam di kawasan di Blok Garung (Kanhay Bike Park) Kelurahan Palasari Kecamatan Cibiru, Kamis 27 Agustus 2020. 

Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulayana turut menanam bersama dengan Satgas Citarum Harum Sektor 22 dan warga.

Sejumlah pohon yang ditanam di antaranya, alpukat, durian, albasia, jengkol, mangga, dan kopi tanaman PBB (Pohon Berbunga dan Berbuah)  disinyalir tipe pohon yang sangat baik untuk resapan air kedalam tanah. 

Disamping menanam pohon produktif untuk dikonsumsi yang disebut PBB (Pohon Berbunga dan Berbuah) sebagai ketahanan pangan di kawasan tersebut juga merupakan peningkatan kawasan resapan air di kawasan Bandung timur. 

Tak hanya itu, penanaman pohon itu pun saja satu upaya untuk mencegah terjadinya banjir. 

Atas kegiatan tersebut, Yana mengapresiasinya. Hal tersebut menurutnya menjadi kolaborasi antara pemerintah, stakeholder dan masyarakat yang memanfaatkan lahan untuk lebih lestari. 

“Kolaborasi seluruh stakeholder bisa memberikan penghijauan di lahan ini. Manfaatnya pun bisa mengurangi banjir,” ujarnya. 

Yana pun mendorong kepada masyarakat agar bisa memeliharanya dengan baik. Karena jika tanaman tersebut sudah besar dan panen, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. 

“Masyarakat sekitar juga bisa memanfaatkannya, seperti buah-buahan. Ini harus terjaga dengan baik,” tutur Yana. 

Menurut Yana, lahan yang berdekatan dengan trek downhill itu pun memiliki karakter yang baik, dengan tanah. Sehingga diharapkan kawasan tersebut bisa terus berkembang. 

“Ini sebagai salah satu pengendali banjir. Di dekat sini ada juga trek sepeda downhill. Kita coba lakukan tanpa menebang pohon,” katanya. 

“Kita harap bisa menjadi tempat wisata alam nuansa aneka buah-buahan yang baru, bisa jadi ini sebagai rangsangan untuk diterapkan lebih lanjut diarea tanah kosong pemerintah untuk produktivitas kemanfaatan," tandasnya. 

Sementara itu, Dansektor 22 Citarum Harum, Kolonel Inf Eppy Gustiawan juga mengapresiasi atas kegiatan tersebut. Pasalnya kawasan yang ditanami pepohonan maupun tanaman mampu memberikan dampak yang positif bagi lingkungan. 

“Ini harus dirawat dan dipelihara, sehingga hasilnya bisa nikmati bersama. Lingkungan ini pun bisa dimanfaatkan sebagai penghijaun untuk mengurangi erosi,” tuturnya.

"Mari sayangi alam pasti alam pun membalas sayang pada kita," pungkasnya. 




Editor : Iwan Rohman 



Editor : Iwan Rohman 

Post Bottom Ad

Halaman