Toko dan Kios PKL Tegal Lega Dailalap Si Jago Merah - MEMBERSTVNEWS

MEMBERSTVNEWS

Mengedepankan Realita

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Minggu, 06 September 2020

Toko dan Kios PKL Tegal Lega Dailalap Si Jago Merah

MEMBERSTVNEWS.COM, BANDUNG  -- Peristiwa kebakaran yang saat ini terjadi dengan cepat merembet dan menghanguskan 13 toko dan 2 rumah berlokasi di tegallega Bandung, sekira pukul 20.30 Wib, di Jl.Otto Iskandar Dinata Rt.01/Rt.02 Rw.03 Kel.Pelindung Hewan Kec.Astanaanyar Kota Bandung, Minggu (06/09/2020).

Dari informasi yang didapat, awal diketahuinya kebakaran tersebut dari salah satu pengendara motor yang sedang melintas dilokasi kejadian di jl. Otista, yang selanjutnya warga berusaha membantu menyelamatkan barang-barang yang bisa diselamatkan

Selain itu, menurut salah satu saksi sekaligus korban Qasyim Ahmad menerangkan, "Api berawal dari percikan listrik di atas antara ruko no.600/toko asesoris yang diketahui api sudah membesar yang kemudian merambat ke ruko-ruko sebelah,". 

Saat ditemui, Kabid Kesiapsiagaan Operasi Pemadaman dan Penyelamatan Damkar Yusuf Hidayat, mengatakan, "Begitu menerima laporan kita langsung mengirimkan beberapa unit kendaraan pemadam kebakaran. Ternyata api sudah membesar karena banyak barang-barang yang mudah terbakar, seperti kain, kayu, plastik dan ada toko-toko lainnya,". 

"Perambatan api sangat cepat, karena itu kita melakukan isolasi terlebih dahulu jangan sampai api ini merambat ke bangunan yang lainnya. Tadi kita sempat kesulitan dengan aliran listrik yang masih menyala, setelah diputus kita bisa melakukan pemadaman di kawasan Otista ini, salah satunya dengan memakai kendaraan Turntable Tender dan Snorkel (sebutan untuk mobil pemadam kebakaran yang membawa tangga otomatis)," jelas Yusuf. 

"Dalam kejadian ini Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, untuk penyebab kebakaran dan kerugian akibat kebakaran ini kita belum bisa menafsirkan, karena kita lebih fokus ke pemadaman api. Nanti dari pihak kepolisian dan Kecamatan yang akan menyelidiki apa penyebab dan berapa kerugiannya," tambahnya. 

"Tadi sempat ada salah satu petugas yang terkena asap. Alhamdulillah bisa ditangani oleh PMI," tandas Yusuf. 

Ditempat yang sama, Camat Astanaanyar Drs. Syukur Sabar bersama Lurah Astanaanyar menyampaikan, "Saya selaku Camat mengucapkan banyak terima kasih kepada Petugas Pemadam Kebakaran Kota Bandung yang telah berhasil memadamkan api sehingga tidak merembet ke bangunan lain,". 

"Memang di sini banyak bahan bangunan yang mudah terbakar. Selain itu, daerah ini padat penduduk. Untuk para korban sementara ditampung di keluarga-keluarga terdekatnya. Untuk menjaga keamanan malam hari ini bersama kepolisian akan melakukan penjagaan dan pengecekan kemudian Tim bersama linmas melakukan penjagaan di wilayah," terangnya. 

Sementara itu, tampak di lokasi satu unit kendaraan Tim dari Baznas diluncurkan, saat ditemui Sandi mengatakan, "Kami hadir untuk mengecek korban dan rumah/ruko yang terdampak kebakaran". 

Masih ditempat yang sama, Kapolsek Astanaanyar AKP Wendy Boyoh, S.E., mengatakan, "Informasi dari masyarakat yang menghubungi kami dan dari Damkar sekitar pukul 20.35 WIB, kami langsung membuka jalan arus lalu lintas untuk memudahkan tim pemadam kebakaran ke lokasi. baru sekitar pukul 23.15 api dapat dipadamkan,". 

"Untuk penutupan jalan di zona Barat ada 8 Polsek yang menutup dan membuka jalur evakuasi pemadam kebakaran," tutur Wendy.

Dari data yang diperoleh, Ruko yang terbakar diantaranya, Toko Acessories HP,  Pemilik Qasyim Ahmad, Toko Profil, Hj. Popon, Toko Pakaian Bekas, H. Endang, Warung, H. Popon, Warung Juice, H. Asep Barat, Toko Pakaian Bekas, Habib Salim.




Editor Iwan Rohman

Post Bottom Ad

Halaman