Pengesahan Perda Kota Bandung, KTR dan P4GNPN - MEMBERSTVNEWS

MEMBERSTVNEWS

Mengedepankan Realita

Breaking

Home Top Ad

Post Top Ad

Selasa, 10 Agustus 2021

Pengesahan Perda Kota Bandung, KTR dan P4GNPN


Kota Bandung, memberstvnews - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama DPRD Kota Bandung telah menyelesaikan pembahasan dua Rancangan Peraturan Pemerintah Daerah (Raperda). 

Kedua Raperda tersebut yaitu Raperda Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Pencegahan dan Raperda Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GNPN).

Berdasarkan Keputusan DPRD, Raperda tentang KTR menjadi pembahasan Panitia Khusus (Pansus) 9, sedangkan Raperda tentang P4GNPN menjadi pembahasan Pansus 11. Kedua Raperda tersebut ditetapkan menjadi Perda.

Hal itu terungkap dalam Rapat Paripurna DPRD Kota Bandung terkait Pengambilan Keputusan terhadap Raperda Kota Bandung tentang KTR dan P4GNPN di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Bandung, Jumat 30 April 2021.

Pada rapat paripurna, Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menyampaikan kedua Raperda tersebut berasal dari lembaran Kota tahun 2020 nomor 10 dan 12.

"Sesungguhnya, substansi, filosofi dan spiritnya tetap menghargai saudara-saudara kita yang masih belum bisa berhenti merokok. Tapi kita juga menyayangi warga Kota Bandung yang harus kita lindungi dari bahaya rokok ini," kata Oded di Pendopo Kota Bandung, Senin (31/5).

Lebih lanjut Oded menyebutkan, jika ada warga Kota Bandung yang masih belum sanggup berhenti merokok, sudah diatur dalam Perda.

"Itu memperhatikan juga yang tidak merokok atau perokok pasif," ujarnya.

Oded menuturkan, sejumlah tempat telah diatur dalam Perda agar menjadi kawasan tanpa rokok. Dengan adanya Perda KTR ini diharapkan dapat melindungi masyarakat yang tidak merokok dari paparan asap rokok.

"Untuk pelanggar ada denda Rp500.000. Tapi para perokok jangan lihat dendanya terus jadi merokok lebih baik bayar. Denda ini lebih kepada proses edukasi, memberi efek jera kepada masyarakat ketika menyimpang," tuturnya.

"Harus ada punishment. Uang dendanya nanti masuk ke kas daerah, penegakkannya oleh Satpol PP nanti," cetus Oded.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bandung Tedy Rusmawan menyampaikan pembahasan Perda KTR ini menjadi dinamika tersendiri di DPRD Kota Bandung. Mengingat komposisi 50 persen perokok dan 50 persen tidak merokok, sehingga jadi imbang saat pembahasan.

"Tapi justru dengan dinamika seperti itu mudah-mudahan perda ini lebih implementatif, lebih mudah dilaksanakan di lapangan karena yang membahasnya perokok dan tidak perokok," ucapnya.

Berdasarkan catatan dewan, anak-anak sekolah menjadi sorotan lantaran laporan data statistik Bagian Kesra tahun 2017, anak anak SD yang merokok berada di angka 32 persen.

"Ini tentu menjadi PR kita bersama terutama edukasi oleh TP PKK," ujarnya.

Berikut tempat kawasan tanpa rokok di Kota Bandung berdasarkan salinan Perda No 4/ 2021 yang dihimpun redaksi.

1. Fasilitas pelayanan kesehatan meliputi tempat praktik mandiri, puskesmas, klinik, rumah sakit milik pemerintah atau swasta, apotek, PMI, unit transfusi darah, labkes, optikal, dan faskes tradisional.

2. Tempat proses belajar mengajar meliputi sekolah, perguruan tinggi, pesantren, madrasah, balai pendidikan dan pelatihan, balai latihan kerja, tempat bimbingan belajar, tempat kursus, PAUD, dan tempat pendidikan agama.

3. Tempat bermain anak meliputi area bermain anak, area penitipan anak, dan taman kanak-kanak.

4. Tempat ibadah meliputi masjid (termasuk musala), gereja (termasuk kapel), pura, wihara, kelenteng dan tempat peribadatan agama lainnya.

5. Transportasi umum meliputi bus umum, kereta api, angkot, taksi, kendaraan umum berbasis online, kendaraan wisata, angkutan anak sekolah dan angkutan karyawan.

6. Tempat kerja meliputi kantor pemda, kantor milik pribadi atau swasta, dan industri atau pabrik.

7. Tempat umum meliputi pusat perbelanjaan modern, pasar tradisional, penginapan, dan rumah makan.

8. Tempat lain meliputi taman kota, taman wisata, tempat rekreasi, tempat hiburan sementara, bioskop, gedung olahraga, terminal, halte, stasiun kereta api, dan bandara.

Demikian berita KTR dan P4GNPN disampaikan untuk dipublikasikan pada masyarakat Kota Bandung atas pemberlakuan dimulai tertanggal 31 Mei 2021.


Red.me

Post Bottom Ad

Halaman